Pelatihan Tutor Koperasi

Telah dilaksanakan Kegiatan Pelatihan Tutor Koperasi pada hari Sabtu, 24 Juli 2021 secara online dengan tema “Improve The Ability of Cooperative Tutors During The Pandemic”. Kegiatan ini mewadahi peserta yang memiliki ketertarikan dalam skill menjadi tutor serta bertujuan untuk menciptakan tutor koperasi yang berkualitas dan profesional. Materi seputar tutor koperasi ini disampaikan oleh 2 orang pemateri yakni Siska Peronika Rukmana S.Pd. (Manajer PSDA KOPMA UNSIL 2017) dan Dika Agung Permana S. Ak. (KETUPLAK JAMKOPNAS 2018)

Kegiatan berlangsung dari pukul 08.00 – 11.45 WIB (3 jam 45 menit) dengan partisipasi peserta sebanyak 23 orang. Para peserta tertarik mengikuti kegiatan ini karena berkeiinginan menjadi tutor/pemandu koperasi yang baik dan berkualitas.

Terdapat 3 Materi yg disampaikan oleh 2 pemateri antara kain :
1. Koperasi
Berisi mengenai pengertian Koperasi Menurut UU No 25 Tahun 1992, Karakteristik koperasi, Prinsip Koperasi menurut UU Nomor 25 Tahun 1992 Pasal 5 ada 7 serta Jenis-jenis koperasi terdiri dari : konsumen, produsen, pemasaran, jasa, dan simpan pinjam. 3 kunci utama koperasi yang perlu diingat adalah dari anggota, oleh anggota, dan untuk anggota

2. Berani Berbicara Dalam Rapat Anggota Tahunan
Berisi mengenai Komunikasi, Faktor-faktor tidak berani berbicara yg di antaranya pesimis, overthinking, ketakutan. Serta materi mengenai Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan pentingnya anggota koperasi untuk berbicara ketika RAT

3. Peran Serta
Berisi mengenai Perangkat organisasi koperasi yg terdiri dari rapat anggota, pengurus, dan pengawas. Dalam rapat anggota memiliki peranan yang sangat penting. Ketika anggotanya itu memiliki kriteria yang baik, berperan aktif dalam rapat. Maka, untuk pengurus, pengawas akan berjalan dengan lebih baik pula.

Ketika kegiatan berlangsung, peserta sangat responsif dan interaktif dengan pemateri ketika sesi pematerian dan tanya jawab namun kemudian peserta menjadi berkurang dikarenakan oleh beberapa alasan mungkin mengalami terkendala jaringan.