Pelatihan Jurnalis

PELATIHAN JURNALIS

  

Pelatihan Jurnalis merupakan kegiatan dari CSG JDCOM yang telah dilaksankan hari Sabtu, 7 Agustus 2021 pada pukul 08.00 – 10.20 WIB secara online melalui media Zoom Meeting. Tema yang diangkat pada kegiatan ini adalah “Enhancing Knowledge and Train Journalist Skills in Online Media”. Pelatihan Jurnalis hadir mewadahi peserta yang memiliki minat mempelajari ilmu dan skill seputar jurnalistik yakni salah satunya dengan memanfaatkan media sosial sebagai tempat untuk menyalurkan hal-hal seputar jurnalis.

Berdasarkan hasil absensi, kegiatan pelatihan dihadiri oleh 21 peserta. Materi tentang jurnalis di sampaikan oleh Ayu Sabrina Barokah, yakni Pimpinan Redaksi LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) Gemercik UNSIL. Materi yang diberikan oleh pemateri adalah materi mengenai Wawasan Umum Jurnalistik dan materi tentang Fakta, Observasi, dan Data.

Pada sesi pematerian membahas mengenai kegiatan jurnalistik, 8 peran pers menurut UU No. 40 Tahun 1999, Media jurnalistik, serta cara berkontribusi dalam kegiatan kejurnalistikan. Adapun materi tentang Fakta, Observasi dan Data dalam kegiatan jurnalistik.

Ketika kegiatan berlangsung. Partisipasi peserta di Zoom cukup baik dan tidak banyak yang keluar masuk karena kendala jaringan. Pada sesi tanya jawab, peserta kurang aktif untuk bertanya atau berdiskusi. Meski begitu kegiatan Pelatihan Jurnalis dapat terlaksana dengan baik.